Selasa, 27 November 2012

Indonesian Book Fair 2012 : Report

Halo..halo.. Salam Hari Selasa dari Jekardah! :D
Jadi, bagaimana kabar? Baik kan ya? Ya kan? Ya kan?
Kalau aku sih, meskipun sedang terhantam badai  virus influenza, secara umum aku merasa sangat baik sekali. Suara memang berubah jadi serak-serak becek, tapi hati riang gembira dong. Hahaha

Okok, let's to the the point! Di Selasa siang yang agak mendung ini, aku akan memenuhi janji membuat laporan tentang perburuan buku di Indonesia Book Fair 2012 So, here we go, guys!


Hari Sabtu, rencananya aku berangkat dari rumah jam 09.30 pagi. Nitip motor di deket tol Barat, naik angkot 26 (Bekasi-Kampung Melayu), turun di Pondok Kelapa, trus lanjut ke Senayan bareng sama mbak-mbak temen kantor. Tapi, rencana tinggal rencana. Karena kesibukan pagi hari di rumah pas weekend (nganter kakak ipar ke pasar, bantu ngurus ponakan dan rumah), aku baru bisa berangkat dari rumah jam 10.00. Jadinya ke Senayan seperti pas datang ke Jakarta Book Fair 2012 bulan Juni kemarin. Motor dititipin di deket Tol Timur, naik bus 05 A, turun di halte busway Senayan. Karena nunggu bus yang tumbenan lumayan lama dan jalanan agak padat, aku baru sampe di Istora Senayan jam 12.00. Tapi, aku masih tetep semangat berburu buku doong! :D

Sesampainya di Istora langsung ketemuan dengan teman-teman kantor yang kemarin sudah janjian mau cari buku bareng. Muter-muter, masuk keluar stand, lirik kanan kiri, pegang dan bolak-balik buku dari pukul 12.00 sampai habis Magrib akhirnya nemu buku-buku sebagai berikut.


1. No Country for Old Man-nya Cormac Mc Carthy
Kondisi baru dengan harga Rp10.000,00. Belinya di stand bagian belakang, sebelah pintu masuk mushola untuk perempuan (aku lupa namanya apa.:p)
2. Tokyo -nya Mo Hayder
Kondisi masih baru dan bersampul plastik juga. Tempat belinya sama dengan buku yang sebelumnya, tapi buku ini harganya Rp15.000.000,00.
3. Heidi-nya Johanna Spyri'
Dapat di stand Serambi bagian belakang. Kondisi baru, harga awal dan diskonnya lupa, jadinya harga sekitar Rp12.500,00 (kayaknya lho, aku agak lupa :p).
4. Trio Musketri-nya Alexandre Dumas
Juga dapat di stand Serambi bagian belakang. Kondisi juga baru, harga awal dan diskonnya lupa, jadinya harga sekitar Rp14.000,00 (kayaknya juga lho, aku agak lupa :p).
5. Bright Angel Time-nya Martha McPhee
Di stand Serabi juga belinya. Harganya jadi hanya Rp15.000,00 (yang ini bener kok, aku masih ingat)
6. Uncle Tom's Cabin-nya  Harriet Beecher Stow
Lagi-lagi dapat di stand Serambi. Kondisi baru masih bersampul plastik. Harga awal Rp79.000,00 terus diskon 40%, jadinya berapa? Yak betul Rp47.400,00! Yip! Yip!
7. An Old Fashioned Girl-nya Louisa May Alcott
Dapat di standnya Mizan. Tertarik gegara pengarangnya, sama seperti pengarangnya Little Woman. Harga awal Rp50.000,00 terus diskon 40%. Bayarnya dikurangi dengan voucher Mizan Rp5.000,00. Pokoknya jadi murah bangetlah itu.
8. Daughter if Fortune-nya Isabel Allende
Dijual di stand Gramedia diskon 70%. Nggak tahu harga awalnya berapa, pokoknya ini dijual dengan harga Rp20.000,00.

Itu buku-buku yang unutk aku pribadi. Masih ada titipan mbak tingkat dan mbak senior di kantor, yaitu:


1.  Kumpulan Resep Primarasa Jilid 2
Ini titipan mbak senior di kantor. Belinya di stand Femina, setelah didiskon harganya jadi Rp53.700,00.
2. Dua Tangis Ribuan Tawa-nya Bapak Dahlan Iskan
Ini titipan mbak kakak tingkat. Muter-muter di beberapa stand malah dapatnya di stand buku bekas. Kondisi masih ok banget, harganya hanya Rp20.000,00.
3. Sepotong Hati yang Baru-nya Tere Liye
Beli di stand Republika, dapat diskon 30%, jadinya hanya Rp35.000,00. Lagi-lagi titipan mbak kakak tingkat.

Eits, bukunya masih ada lagi lho. Ada 4 buku lagi yang aku beli di stand Mizan. Yah, anggaplah ini oleh-oleh untuk ponakan-ponakan. :D

1. Upin Ipin seri Mengenal Buah-Buahan.
Harganya hanya Rp7.000,00
2. Upin Ipin seri Mengenal Sayur-Sayuran
Harganya juga Rp7.000,00.
3. KKPK (Kecil-Kecil Punya Karya), judulnya aku lupa.
Harga awal Rp25.000,00 dapat diskon 40%, jadinya hanya Rp15.000,00. Bukunya juga langsung disimpen sama si bocahnya. :D
4. Keajaiban Maaf
Harganya hanya Rp12.000,00 dengan voucher Mizan Rp5.000, jadinya hanya Rp7.000,00.

Di stand Kompas, ada tambahan diskon lho untuk veteran, pensiunan, guru, PNS, mahasiswa dan pelajar. Jadi, alangkah lebih baiknya kalu ada id card dibawa aja kalau pergi ke book fair. Siapa tahu, ada tambahan diskon seperti ini. :D

Tasku yang penuh dengan muatan. 

Sabtu siang itu juga digelar Preview film 5 cm. Info lebih lengkap tentang kegiatan ini bisa di lihat di sini.

Sekilas suasana Indonesian Book Fair 2012


Tampang sudah lecek masih tetep nampang doooong. :p

Nah, itulah laporanku dari Indonesian Book Fair 2012. Belum puas sebenarnya, masih ada beberapa buku yang ingin aku beli. Yasudahlah ya, ditunggu saja book fair di kesempatan yang lain. :)

Salam.

PS: Aku masih punya cerita lho tentang jalan-jalanku hari Sabtu kemarin. Insya Alloh besok aku bagi di sini deh. Ditunggu saja ya. :D

2 komentar:

Ika Mustikawati mengatakan...

uwoooooowww banyak banget *_*

Anonim mengatakan...

iyadong, makanya ntar kalu ada book fair lagi lu ikutan dateng dooong. :D