Rabu, 12 September 2012

Update My Goodreads 2012 Reading Challenge

Beberapa bulan yang lalu aku pernah buat posting tentang 2012 Reading Challenge di Goodreads. Jadi sekarang apa kabarnya?

Kabarnya lumayan baik, sementara ini aku sudah membaca 29 buku dari 36 buku yang aku targetkan akan aku baca di tahu ini. Yah, sudah 81% ini. Kabar baiknya aku berada di posisi "Awesome, you're 4 books (11%) ahead of schedule!". Uyey!



Jadi dari bulan Mei sampe dengan saat ini aku sudah baca buku-buku di bawah ini:
1. Asoi Geboi Bohai-nya Yudhi H
Aku dapat buku ini saat berkunjung ke Gramedia MM, Bekasi. Harganya cuma 5000 lhoo..
Buku ini sendiri bercerita tentang pengalaman penulisnya semasa kuliah saat ngekos di Solo. So so, just 2 stars! :)

2.Tea for Two-nya Clara Ng
Dapat pinjam di perpus gedung depan.
Bercerita dengan kehidupan seorang wanita yang punya biro jodoh, Tea for Two. Selanjutnya, wanita ini menikah dengan seorang pria yang awalnya tampak begitu sempurna. Tapi, ternyata setela mereka menikah, wajah asli sang pria terungkap. Dia sering melakukan kekerasan kepada istrinya, terakhir dia bahkan berselingkuh. Pernikahan mereka pun berakhir di meja pengadilan.
Judul dan cerita agak kurang nyambung. Gaya penceritaannya menurutku kurang mengalir, jadi, cukuplah 2 bintang saja.

3.Berjuta Rasa-nya Tere Liye
Buku ini sudah aku incar sejak pertama kali lihat. Karya Tere Liye gituu.. Akhirnya aku beli di Gramedia MM, Bekasi.
Awalnya aku kira ini novel juga, tapi ternyata merupakan kumpul cerpen.
Judulnya sesuai bangetlah dengan isinya. Ada berjuta rasa yang bisa cicip saat membaca buku ini. Bintang 3 deh..

4. Little Princess-nya   
Novel klasik yang aku beli di Pesta Novel Gramedia di Matraman. Dari 3 novel yang aku beli kemarin, baru novel ini yang selesai aku baca. wkwkwkwk..
Bercerita tentang gadis kecil yang mempunyai ayah yang kaya raya, seorang kapten di India.Ibunya meninggal saat dia masih bayi. Dia lalu dikirim ke London untuk bersekolah. Pakaian yang bagus, boneka yang cantik dan ayah yang begitu sayang padanya, yang bersedia memenuhi keinginannya.Semuanya tampak sempurna, sampai ulang tahun gadis kecil ini yang ke-11. Kabar kematian ayahnya menjungkir balikkan semua. Dia diperlakukan dengan buruk oleh guru dan teman-temannya. Tetapi, dia selalu berusaha untuk meneguhkan hatinya, selalu yakin bahwa ia mempunyai jiwa "putri raja", yang tabah menghadapi cobaan. Akhirnya ia mampu menemukan kembali kebahagiaannya. Jadi, untuk cerita ini, bintang 4 pantas diberikan. :)

5. Little Woman-nya Louisa May Alcott, Rahmani Astuti (Translator)
Lagi-lagi novel klasik. Ahahaaa.. Louisa May Alcott adalah pengarang kebangsaan Amerika yang termashur di jamannya. Aku dapat minjam dari perpus gedung depan. Hohoho..
Topik yang diangkat sederhana, tentang kasih sayang dalam keluarga. Akan tetapi, banyak pelajaran hidup yang dapat kita ambil. Too good to be true in our real life. But, it inspires many people to be better and better.. 5 Stars.. :D

6. The Naked Traveller-nya Trinity
Ya, aku membeli buku ini di Jakarta Book Fair 2012.
Gaya penceritaannya masih kaku. Jadi cukup bintang 2 saja.

7. Rodrick Rules (Diary of Wimpy Kid 2)-nya Jeff Kiney
Lagi-lagi buku dari pinjem di perpus gedung depan. Eheheh..
This is the first English book that I read. *_*
Saat baca buku ini di kereta, banyak orang yang melirikku. Gimana nggak dilirik, orang aku senyum-senyum sendiri waktu baca buku ini. Wakakakakak.
Oh yeah, 4 stars because it's so funny... :D

8. The Naked Traveller 2-nya Trinity
Nyambung lagi baca seri the naked traveller.
"Buku yang kedua ini gaya penceritaannya lebih luwes dibandingkan yang pertama. Sebenarnya buku ini dapat bintang 3,5, tapi karena buku ini sangat menghibur (aku cenger-cengir sendiri waktu baca), bintang 4 bolehlah. :)". Ini komentarku di Goodreads. :D

9.Travelers' Tale, Belok Kanan: Barcelona!-nya Adhitya Mulya, Ninit Yunita, Alaya Setya, dan Iman Hidajat
Buku ini boleh pinjam dari teman sekantor. Buku ini unik, karena di buku ada banyak sekali nama tempat. Bahkan ada nama kota di daerah Afrika yang sedang berkonflik pula. .Hohoho.
Sayangnya, ceritanya terlalu "biasa" menurutku. Jadi cukuplah 2 bintang.

10. Rumah Tanpa Jendela-nya Asma Nadia
Sebenarnya aku sudah lama tahu buku ini. Si Zahara punya buku ini. Tapi dulu aku belum sempet baca.
Akhirnya kemarin, pas lihat di (lagi-lagi) perpus gedung depan, aku tertarik untuk baca. Satu paket itu sebenarnya terdiri dari novel dan skenario. Tapi kemarin cuma ada novelnya, tapi nggak apa-apa deh. Toh inti ceritanya sama.
"Sebuah cerita yang membuka mata kita tentang lugu dan uniknya dunia anak. Sayangnya, aku kurang sreg dengan cara penuturannya yang terkesan melompat-lompat dan kurang "mengalir". Bintang 3 deh untuk buku ini. :)' Komentarku di Goodreads itu.

11The Naked Traveller 3-nya Trinity
Komentarku di Goodreads : "Akhirnya selesai juga baca seri ketiga the Naked Traveller. Uyey! 
Di buku ini gaya penulisan mbak Trinity semakin mantab! Cerita-ceritanya juga semakin seru. Bagi yang sudah baca TNT 1 dan 2, hukumnya wajib baca buku yang ketiga ini. :D"
Oiya, untuk buku ini bintang 3.

12. Travelove-nya Andrei Budiman, Ariyanto, Claudia Kaunang, Lalu Abdul Fatah, Rei Nina, Rini Raharjanti, Salman Faridi, Sari Musdar, Trinity
Komen di Goodreads,"Cinta dan travelling berjalan beriringan di buku ini. Dituturkan dengan berbagai macam gaya penulisan sesuai dengan masing-masing karakter penulisnya. Favoritku cerpennya Trinity yang menceritakan cinta antara ayah dan anak yang dituturkan dengan jujur dan lugas. Bintang 3 lah untuk buku ini."

13. Canting Cantiq (Kosa-kosan Soda, #1)-nya Dyan Nuranindya
Baca buku ini untuk refreshing. Dapat pinjam dari perpus gedung depan lagi.
Tentang seorang cewek yang punya ayah kaya raya. Hidupnya yang penuh kemewahan di Jakarta harus berubah ketika usaha ayahnya gulung tikar. Dia harus tinggal bersama dengan eyangnya di Yogyakarta. Di kota inilah, kehidupan yang sesungguhnya dimulai. Di sini ia bertemu dengan anak-anak kosan Soda, kosan milik eyangnya. Yang selanjutnya mengantarkannya meraih cinta dan menemukan bakat terpendamnya untuk mendesign baju.
Bintang dua untuk buku ini.

14. Three Weddings and Jane Austeen-nya Prima Santika
Apa yang membuat aku tertarik dengan novel satu ini? Jane Austeen! Akhirnya aku beli buku ini via online shop (jatuhnya lebih murah dibanding beli di toko buku :p ).
Komenku di Goodreads:
"Novel ini berkisah tentang percintaan 3 bersaudara dan peran aktif si ibu dalam setiap kisah percintaan 3 anak gadisnya tersebut. Ya, impian si ibu adalah menikahkan semua anak gadisnya. Sebuah hal yang lumrah, tapi menjadi unik karena adanya "campur tangan" novel Jane Austeen.
Gaya penceritaan mengalir, tapi terkadang di beberapa bagian, pilihan katanya agak "kaku".
Jadi... bintang 3!

Intinya setelah baca novel ini, aku semakin ingin membaca novel-novel Jane Austeen (dalam bahasa Indonesia) selain Pride and Prejudice dan Mansfield Park. :D"

15. Curcol Kantor-nya Anjar Oktaviani 
Buku ini pun lagi-lagi hasil pinjaman di perpus gedung depan.
Dari judulnya sudah ketahuan ceritanya seperti apa. Lucunya agak nanggung sih, jadi bintang 2 saja cukup

16. The Railway Children (Anak-Anak Kereta Api)-nya E.Nesbit, Widya Kirana (Translator)
Aku beri bintang tiga untuk buku ini. Bercerita tentang tiga kakak beradik yang ayahnya dituduh melakukan penggelapan. Karena kasus ayahnya ini, mereka bertiga dan ibunya harus pindah dari London ke desa. Di desa inilah mereka "berkenalan" dan "bersahabat dengan kereta dan orang-orang yang berhubungan dengan kereta.

17. Ingat Aku? (Remember Me?)-nya Sophie Kinsellam,Yasmine Hadibroto (Translator)
Bintang 2 untuk buku ini. Bercerita tentang seorang wanita yang tiba-tiba berada di masa depannya. Setelah dibaca, ternyata dia mengalami "kehilangan" hidupnya selama beberapa tahun. Bingung nyeritainnya, untuk keterangan lebih lanjut baca ulasan di Goodreads aja yaaa. :D *lari dari tanggung jawab.

Nah, itu buku-buku yang sudah aku baca. Aku terakhir kali membaca buku sampai selesai itu bulan Agustus lalu, sebelum mudik. Selama mudik sampai sekarang, aku belum menyelesaikan satu buku lagi. Ada perasaan bosan untuk membaca. Hueee... Sepertinya kemarin aku telah mencapai titik kulminasi kenikmatan membaca. Sekarang rasanya bosan aja gitu waktu baca buku. Ini nih alasan aku sekarang rajin update blog. khkhkh.. 
Yah, meskipun begitu, semoga aku tetap bisa menyelesaikan tantangan membaca 36 buah buku di tahun ini. Aamiin..
Ditunggu saja, update tantanganku yang selanjutnya.. See youuuu.... :)

Tidak ada komentar: