Senin, 24 September 2012

S.I.F.O.N (Re-post)

Hello..
Actually, I wanna make a post today. But, I have many things to do today . #evilsmirk
 So, here, I am re-posting my old writing. It has been published in my Facebook's note a year ago. It was during my final exam in the 5th semester. 
Ok then, enjoy it, guys. :)

Sifon.
Kalau teringat kata ini, rasa-rasanya masih ingin ketawa bahkan ngakak guling-guling di kasur..

Ceritanya adalah sebagai berikut..

Hari ini aku dan temen-temen seangkatan menghadapi UAS mata kuliah Budaya Nusantara (budnus). Hoohoo..temen-temen sih ngomongnya ini mata kuliah hiburan..Aku juga setuju kok dengan pernyataan itu. Dgn belajar budaya nusantara, kita bisa "berjalan-jalan", mengenali budaya Indonesia dan selanjutnya dapat mencintai serta melestarikannya..:)

Karena ujiannya mulai jam 2 siang, aku baru mulai belajar waktu pagi. Oiya, untuk UAS budnus kali ini materinya budaya Jawa, Sunda, Madura, Bali, Dayak, Banjar, Minahasa, Maluku, Makasar, Bugis, Toraja, Mandar, Timor, Flores,dan Irian (hampir se-Indonesia Raya lah pokoknya). Oiya, ada materi ttg sejarah Garuda Pancasila.Tapi jangan dibayangkan kalau aku belajarnya dengan membaca banyak buku dan diktat yang tebal. Tidak..itu salah besar. Aku hanya belajar dari fotocopyan catetan temen yang diajar oleh dosen koordinastor (dosko). Ternyata ini adalah catatan temen sekelasku semasa tingkat satu. Belajar budaya nusantara itu seru, serasa membaca buku cerita bahkan dongeng (dongeng Sri Sadhana, Watugunung, La Ligo dan masih banyak lagi)

Tapi susahnya, belajar budnus itu banyak istilah yang aneh-aneh, maklumlah, banyak bahasa daerah dari berbagai macam suku. Nah, waktu aku membaca budaya Flores ternyata ada istilah budaya SIFON. Aku belum pernah mendengar istilah ini sebelumnya. Di fotocopyan catatan juga tidak ada penjelasan tentang istilah ini. Penasaran. Niatnya sih mau cari di Google. Tapi aku lagi males ngetik di laptop. Yaudahlah carinya nanti aja, setelah mandi, pikirku.

Tapi, malang tak bisa ditolak, untung tak bisa diraih, ternyata setelah selesai mandi, listrik mati. Dan bencana ini terjadi lebih dari satu jam. "-_____-

Hari semakin siang, kepala sudah terasa penuh, perut kenyang, listrik mati dan akhirnya aku pun mengantuk. Mau baca materi lagi malah semakin tambah ngantuk, isinya dongeng-dongeng sih. Akhirnya jam 12 siang aku pun tidur siang. "Perang" masih 2 jam lagi, lumayanlah bisa menyegarkan mata dan pikiran sejenak.hehe.

Tapi, baru beberapa menit memejamkan mata, tiba-tiba HP bergetar,,Hmmm....siapa sih ini sms, orang baru mau tidur juga?? Ternyata sms dari Tante Iko.."Un, lu tau gak Sifon apaan? Bingung gw, udah cari ke mana-mana gak nemu..." (intinya kayak gitulah) Aku berpikir, "ini orang ngapain sih, jam segini cari sifon? Kurang kerjaan deh. .udah ah nanti aja bales smsnya..."

Dan aku pun melanjutkan tidur siang. Jam 12.50, aku bangun. Sebelum sholat, aku balas sms dari Tante Iko dulu."Sgb..kyak bolu biasa deh, tapi dia teksturnya ga gitu padat,," Dan aku pun sholat.

Setelah sholat, ternyata si Iko sms lagi.."bahaha,,maksud gw bukan sifon yang itu..tapi sifon budaya dari Flores"..

Hwaahhahaha...oh, ternyata...Kok aku mikirnya kue ya? pakai cara analisis tekstur segala pula.
"-______-. Iya, waktu baca sms dari Tante Iko, aku mikirnya itu kue sifon, bukan sifon budaya Flores.
Parah,,,kok mau ujian budnus, isi kepalaku malahan makanan sih??ckckckck

Pulang ujian, aku ketemu si nenek Ijong dan Tante Iko sedang nongkrong di depan kantor Sekre. Katanya sih menunggu surat ketengan mahasiswa. Akhirnya, aku ikutan gabung dengan mereka .Nah, dibahas lagilah itu masalah SIFON..

Ternyata si tante juga mengirim sms pertanyaan ttg sifon kepada nenek..
Dan ternyata...tereeeeeeng..si nenek menjawab kalu sifon adalah KAIN..
wahahahaha.....

Duuuuhhh,,,SIFON,,,sebuah istilah dengan beragam wujud dan makna..
.NB: untuk keterangan tentang SIFON yang ditanyain oleh tante (versi NTT) klik saja link berikut ini dan ini .


Tidak ada komentar: