Minggu, 29 Januari 2017

Update: Semester 3

Hai…
Sudah berapa lama sejak aku terakhir kali mengoceh di sini? Yah, sekitar 7 bulan yang lalu, saat aku liburan semester 2. Fyi, sekarang aku sedang liburan semester 3. Lagi-lagi aku tidak menepati janji untuk membuat ocehan di blog ini selama semester 3 kemarin.

Meskipun jumlah sks di semester 2 paling banyak, tetapi kuliahnya lebih menyenangkan. Masih bisalah sepulang kuliah main-main ke mana.  Sementara semester 3 dengan  jumlah sks hanya 23 sks, tapi kuliahnya terasa lebih berat. Perkiraanku di awal semester 3 bahwa aku akan lebih santai selama semester itu ternyata salah besar. Yang ada aku menjadi lebih sibuk. It’s like in the hell. I swear!

Yah, semua itu karena kebetulan aku mendapatkan paket combo 2 dosen dengan banyak tugas. Satu dosen selalu menugaskan untuk membuat bookchapter  di setiap pertemuan (per minggu). Awalnya setiap orang diwajibkan membuat 20 halaman. Dibentuk juga beberapa kelompok untuk mempresentasikan hasil bookchapter di setiap pertemuan.

Sounds easy, huh? Just in your dream! Karena dalam bookchapter itu kami diharuskan untuk mengutip minimal 5 jurnal internasional. Selain itu, bookchapter kami harus discan dengan aplikasi anti plagiarisme. Bapak dosen yang terhormat minta batas maksimalnya adalah 20%. Artinya maksimal 20% tulisan kami diberi toleransi memiliki kesamaan dengan sumber-sumber di internet, sisanya harus original buatan kami sendiri.

Pertemuan pertama pengumpulan tugas, kami sekelas bermata merah. Yah, selazimnya mahasiswa, kebanyakan dari kami mengerjakan tugas mepet dengan deadline. Ohiya, tugas kami harus dikirim ke Bapak dosen maksimal 3 jam sebelum jam pertemuan. Duh!

Untungnya di pertemuan selanjutnya, bookchapter dibuat per kelompok. Setiap kelompok yang beranggotakan 7 s.d 6 orang harus menyusun minimal 50 halaman. Setiap orang harus mengutip 3 jurnal internasional. Batas plagiarisme tetap 20% dan diemail 3 jam sebelum pertemuan kuliah. Tapiii, tugasnya si Bapak Dosen Terhormat tidak hanya itu saja. Masih ada tugas untuk jurnal in English, poster rancangan skripsi, dan visibility study. Allohu Akbar!

Sementara itu, Bapak Dosenku yang lain selalu memberikan pretest  di awal pertemuan. Materinya in English dong karena beliau menggunakan referensi berbahasa Inggris. Masalahnya adalah si Bapak ini sering mengubah jadwal pertemuan. Beliau memang sibuk karena mengampu di 2 negara yang berbeda (di Indonesia dan Malaysia). Belum lagi kegiatan penulisan ilmiah beliau yang jumlahnya cukup banyak. Seringkali beliau membatalkan kuliah H-beberapa puluh menit sebelum pertemuan. Lhah kita kan sudah terlanjur belajar. Huhuhu..

Sementara untuk tugas akhir, Bapak Dosen meminta agar kami per kelompok (beranggotakan 3 s.d. 4 orang) untuk membuat paper ilmiah. Jangan lupa juga untuk mengeceknya dengan aplikasi anti plagiarisme. Lebih dari batas yang ditentukan beliau, maka paper akan ditolak. Ohiya, paper ini diuji secara lisan oleh Bapak Dosen. Kami menggunakan aplikasi Skype, karena Bapak Dosen tidak bisa hadir di kelas. Sounds cool? Ohyeah, but it’s soo horrible! Kami harus mempertahankan argumen yang kami paparkan di paper sementara Bapak Dosen dengan teliti melemparkan berbagai macam pertanyaan dan komentar.

Untuk dosen-dosen mata kuliah yang lain, lumayan OK sebenarnya. Paling hanya tugas presentasi per kelompok setiap pertemuan. Tapiii, di akhir semester, tugas dan take home quiz merajalela. Hampir selama satu minggu di minggu terakhir semester 3, kami semua harus begadang. Keesokan harinya kami ke kampus hanya untuk menyerahkan tugas saja. Yah, sebenarnya ini juga karena kami sebagian besar adalah deadliner sih. Wkwk. But, hey, we always get the idea at the critical moment right? Many ideas is coming when we are under pressure.

Study hard, playing hard, right? Di akhir minggu aku sering sekali bermain dan pergi ke mana untuk menghilangkan stres. Yah, terkadang aku hanya makan di tempat yang jauh dari areal kampus sih. Tapi, beberapa kali aku dan beberapa teman sempat pergi ke luar Solo.

Semester depan, semester terakhir, aku dan teman-teman harus menyusun skripsi. Seharusnya di liburan ini, kami sudah memiliki gambaran tentang apa yang akan kami tulis. Tapi, aku masih belum mendapatkan ide yang pas untuk skripsi. Lebih tepatnya aku masih malas untuk mencari ide, karena masih ingin rehat dari kekejaman di semester 3. Huhuuhu..

Yah, itulah sekilas tentang semester 3-ku. Insya Alloh, di ocehan selanjutnya aku akan menceritakan tentang liburanku ke Bali. Hohohoho. Sampai jumpa 

Tidak ada komentar: