Sabtu, 30 Agustus 2014

Berkunjung ke Pasar Mester Jatinegara



Sebenarnya aku perginya hari Minggu seminggu yang lalu tanggal 24 Agustus 2014. Niat awalnya aku mau mencari bunga palsu untuk menghias meja di kantor. Biar ada penyegar matalah kalau sedang suntuk. Kenapa nggak beli bunga asli aja? Karena susah merawatnya uhm lebih takut nggak sempat sih sebenarnya. Kasihan juga kalau disimpan di dalam ruangan terus menerus. Jadi, bunga palsu adalah pilihan tepatlah.

Aku sebenarnya nggak tahu mau cari bunga palsu di mana. Mau ke Mal Kelapa Gading, pasti dapat yang mahal. Big No! Ini sudah tanggal tua. Mau cari ke Mangga Dua atau ke Asemka kok ya jauh banget. Sementara kan aku sedang puasa (judulnya bayar utang). Dan aku pun ingat kalau di Jatinegara ada pasar yang lumayan besar, Pasar Mester. 

Sebelumnya aku belum ke Pasar Mester sama sekali. Tanyalah ke ibu-ibu di ruangan yang pastinya sudah sering ke sana. Dapatlah ancer-ancer, kalau lokasinya dekat dengan stasiun Jatinegara. Tapi kalau dari kosku di daerah Rawamangun, lebih enak kalau lewat Matraman. Tinggal lurus terus. Karena ragu-ragu, akhirnya aku pakai aplikasi Waze. (Aselik, membantu banget ini aplikasi)

Naik motor 30 menitan dari kos, sampailah aku dan mbak-mbak yang jaga kos di Pasar Mester Jatinegara. Aku memilih parkir di depan pasar biar nanti pas pulang lebih gampang. Risikonya motor kepanasan. Sebenarnya di dalam juga ada parkir sih.

Jadi secara umum, pasar ini bisa dibagi menjadi pasar lama yang di luar dan pasar baru yang ada di dalam gedung (Jatinegara Trade Center). Karena di luar panasnya lumayan juga, aku memilih untuk berbelanja di pasar baru. Pedagang bunga palsu adanya di basement. Sepertinya hanya ada satu pedagang bunga palsu di situ. Harganya pun cukup mahal. Sangat diperlukan keahlian menawar, Saudara Saudari. Setelah perdebatan yang cukup alot *tsaaaah...., aku dapat 2 bunga lengkap dengan vasnya dengan harga Rp50k. Masih mahal memang, tapi beneran itu sudah melalui perjuangan yang alot.

Di basement mayoritas pedagang menjual souvenir nikahan. Iya, buat calon penganten di wilayah Jabodetak silakan mengunjungi basement Pasar Mester Jatinegara. Silakan dipilih deh mau souvenir apa, semuanya lengkap ada di sini. Kipas, gelas, bros, tas dan masih banyak lagi. Kalau buat aku sih jalan-jalan di sini membuat sakit hati. Sepanjang jalan ditawarin, "Mbak, silakan mbak souvenir nikahannya. Ada macem-macem, murah lho." Aselik, sakitnya di sini *nunjuk dada *lebay.

Trus ada apalagi di sana? Ada tirai/horden beraneka ragam, taplak, ada baju tradisional untuk anak-anak (ada fotonya itu di atas), seragam sekolah, sepatu, tas, pakaian dan masih banyak lagi. Silakan dicek sendiri bagi yang penasaran.

Akhirnya karena uang sudah habis, aku pun pulang. Aku nggak hanya beli bunga palsu saja kok. Aku juga membeli pakaian dalam, baju tidur, dan taplak. :D





6 komentar:

Unknown mengatakan...

pedagangnya buka sampai jam brp ya? lgi cari souvenir nih

Nia mengatakan...

maaf, pak, saya kurang tau pedagangnya buka sampai jam berapa. Dulu saya di sana sampai jam 2 siang masih rame sih.

Unknown mengatakan...

Saya bekrja di sana di toko tas..rata rat tutup jam 4 mba

Unknown mengatakan...

Saya bekrja di sana di toko tas..rata rat tutup jam 4 mba

Unknown mengatakan...

mau cari souvenir nikahan yg murah di toko mana ya??

Unknown mengatakan...

Maaf saya mo nanya kalo hari raya idul adha pasar mester tutup atau ngga ya???makasih sblm ny